Softkil pertemuan ke 2 CIM (Corporate Information Management)
Pengertian CIM
CIM (Corporate Information Management) adalah model informasi umum yang berfungsi menjelaskan / mendeskripsikan suatu sifat dari management yang tidak terikat dengan implementasi tertentu. Informasi tersebut nantinya akan berdampak baik ataupun buruk dalam hal pengambilan keputusan terhadap perusahaan.
Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Bisnis merupakan kegiatan beresiko memberikan kerugian baik dari segi material atau non-material. Namun bila berhasil maka akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis harus dijalankan dengan tepat dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serius dan mantap. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan melengkapi. Bila salah satu komponen gagal maka akan mengganggu komponen lain. BerikBerikut adalah komponen-komponen bisnis tersebut:
• Planning yang matang mengelola, dan menjalankan bisnis..
• Kekuatan brand atau image, yaitu karisma, kekuatan emosional yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan pandangan/perasaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk.
• Implementation.
• Case Study.
• ERP.
• CRM.
• SCM.
Saya akan menjelaskan kompone-komponen diatas:
1.Planning yang matang artinya : Sebelum suatu perusahaan berdiri maka biasanya modal merupakan kendala awal yang harus dipenuhi sebelum perusahaan berjalan. Tidak selamanya modal besar pasti memberikan keuntungan besar. Pengelolaan modal yang efektif dan efisien akan memberikan keuntungan yang maksimal.
2. Sumber Daya Manusia yang Berkualitas merupakan hal yang terpenting dalam maju dan mundurnya sebuah perusahaan.
3.Implementasi CIM (Corporation Information Management):
implementasi adalah penerapan cim didalam perusahaan.
4. Contoh study kasus CIM (Corporation Information Management):
Studi Kasus:
1. Pemilik HMSI baru memutuskan untuk mempertahankan merek dan nama perusahaan, untuk mengambil keuntungan dari keandalan produk dan teknologi perusahaan yang dikenal. Dalam keadaan baru dan kepemilikan, HMSI memutuskan untuk mengalihkan operasi dari manufaktur dan distribusi untuk penyediaan infrastruktur teknologi informasi solusi total untuk klien mereka.
2.Hewlett-Packard Global memutuskan untuk mengakuisisi pabrik HMSI untuk menggeser operasi manufaktur Eropa ke Indonesia. Bersama dengan fasilitas yang ada HPI’s produksi di Tangerang, HPI akan menghasilkan sekitar 40% dari produk Global Hewlett-Packard. Bekas peralatan produksi HMSI yang ada akan digantikan dengan teknologi tinggi, dengan sumber perlengkapan dan proses yang efisien.
5.ERP (enterprise resource planning)
ERP adalah sebuah sistem informasiperusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
• Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular
6.CRM (Customer Relationship Management)
CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.
7.SCM((Supply chain management)
. Supply Chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.
. Perusahaan-perusahaan tersebut termasuk supplier, pabrik, distributor, toko atau ritel, sertu perusahaan pendukung seperti jasa logistik.
Ada 3 macam hal yang harus dikelola dalam supply chain yaitu pertama, aliran barang dari hulu ke hilir contohnya bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke pemakai akhir.
referensi
lulu.staff.gunadarma.ac.id/.../ENTERPRISE+RESOURCE+PLANNING+(ERP).
http://www.thinkrooms.com/2008/03/03/manajemen-bisnis-prinsip-dan-standarisasi-manajemen-perusahaan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Supply_chain_management
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan
No comments:
Post a Comment