Friday, February 12, 2010

game

Game

* Definisi
o aktivitas yang terstruktur atau semi-terstruktur yang digunakan untuk kesenangan ataupun pendidikan
* Komponen kunci
o Tujuan (goal)
o Aturan main (rules)
o Tantangan (challenge)
o Interaktif
* Harus dapat melibatkan mental dan kegiatan fisik

Posisi Game

sejarah game
Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game.
Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.



Klasifikasi Game

* Game Klasik, game yang ada pada era klasik/era sebelum penggunaan teknologi digital
o Board games, permainan yang dilakukan pada board (papan/alas) dengan bentuk dan desain tertentu. Contoh: monopoli, catur, ular tangga.
o Card games, permainan yang menggunakan media kartu.
o Role–Playing game, dimana pemain harus menjalankan peran tertentu untuk dapat menyelesaikan permainan ini.
o Tabletop war games
* Video game, games yang di desain untuk dapat memanfaatkan peralatan elektronik
* Online game, game yang dapat dimainkan diatas suatu jaringan komputer

Game Mechanics

* Skill : kemampuan bermain
o Fisik : fighting, boxing, dancing
o Mental : catur, kartu, othello
* Luck
o melibatkan pilihan yang bersifat random
o penggunanya tidak memiliki kendali atas permainan
o Contoh : monopoly, tic-tac-toe

Game Mechanics

* Strategy
o Pengguna merencanakan dan mengendalikan permainan
o Hasil permainan dapat diprediksi
o Berlawanan dengan luck
* Resource
o Pengguna dapat mengelola sumber daya untuk memenangkan permainan
* Diplomacy
o Permainan tergantung sepenuhnya pada kemampuan pengguna dalam berinteraksi dengan pemain lainnya (collaborative game)
o Contoh : Age of Empire, Counter Strike

Game’s Genre

Genre

Karakteristik

Action

Physical challenges

Strategy

Strategic, tactical, logistic challenges

RPG (Role-Playing Game)

Tactical, logistical, and exploration challenges

Real world simulation

Sport games, vehicle simulation, including military vehicle

Construction and management

Offer economic and conceptual challenges

Adventure

Provide exploration and puzzle-solving

Puzzle

Logic and conceptual challenges, time pressure

Hybrid

Combining different genre

Game Play

* Inti dari game dan yang membuat game menjadi menarik untuk dimainkan
* Dijelaskan dengan menggunakan dua istilah, yakni:
o Tantangan (challenge)
+ yang harus dihadapi oleh pemain pada saat menjalani permainan
o Aksi (action)
+ Hal-hal yang diperbolehkan untuk menghadapi tantangan

Tantangan yang pernah dibuat

* Koordinasi fisik
o Kecepatan dan ketepatan reaksi  Tetris
o Akurasi dan presisi  Need for Speed
o Ketepatan waktu dan irama  Dance dance revolution
o Pembelajaran tentang kombinasi gerakan  Street fighter, Teken, Mortal Combat
* Pengenalan pola
o Pola statis : Heaven and Earth
o Pola pergerakan dan perubahan  Sonic the hedgehog
* Konflik
o Strategi, taktik, dan logistic  DotA
o Survival  Pac-Man
o Pengurangan pasukan musuh  Half Life
o Stealth  Metal Gear Solid

Tantangan yang pernah dibuat

* Ekonomi
o Penambahan sumber daya  Civilization
o Keseimbangan dan kestabilan sistem  Sim Earth
o Menyayangi makhluk hidup  Creatures
* Penciptaan/Pembangunan
o Kesuksesan estetika  The Sims
o Konstruksi dengan target fungsional  Mind Rover

Komponen dan desain proses

* Terdapat 2 (dua) komponen kunci:
o Core mechanics : cara untuk mengubah aturan umum game ke dalam simbol-simbol dan model matematika sehingga dapat diimplementasikan secara algoritmik
o User Interface
+ Model interaksi, yakni hubungan antara tombol-tombol yang ditekan dengan aksi yang dihasilkan.
+ Perspektif, penggunaan grafik untuk menampilkan lingkungan permainan agar pengguna dapat memahaminya secara visual.

Komponen game

Pemain

User interface

Core mechanics

Output

Challenges

Input

Actions

Perspective

Interaction model

Game Play

Game World

* Definisi
o lingkungan buatan, lokasi imajinatif yang dapat membantu pemainnya untuk membangun persepsi
* Tujuan
o memperkuat sisi hiburan, kebaruan (novelty), dan interaksi

Dimensi Game world (1)

* Fisik / kuantitatif
o menggambarkan properti-properti yang muncul
o direpresentasikan menggunakan angka
o Contoh:
+ ukuran arena
+ ukuran benda-benda
+ Ukuran lingkungan
+ dll

Dimensi Game world (2)

* Kualitatif
o menggambarkan nuansa (mood) dari suatu lingkungan game
o deskripsi dalam bentuk kata-kata

Dimensi Game world (3)

* Spasial, menggambarkan banyaknya jumlah dimensi atau penggambaran lingkungan fisik




2 Dimensi

2.5 Dimensi

3 Dimensi

Skala

Batasan (boundaries)

Dimensi Game world (4)

* Waktu
o menggambarkan perjalanan waktu pada dunia/lingkungan game
o Biasanya berbeda dengan perjalanan waktu sesungguhnya
o Contoh: The Sims, Heroes

Dimensi Game world (5)

* Lingkungan
o mendeskripsikan tentang tampilan yang sesungguhnya



Konteks budaya

Konteks lingkungan fisik

Detail

Gaya

Dimensi Game world (6)

* Emosional, menunjukkan emosi tokoh-tokoh dalam dunia game




Final Fantasy VII

Kesimpulan

* Simulasi digunakan untuk menyederhanakan objek pengamatan, sehingga lebih mudah untuk diamati
* Penelusuran konsep game dimulai dari sisi ekspresi kreatif
* Terdapat 2 (dua) komponen penting dalam desain game:
o Core mechanics
o User interface
* Game world berguna untuk membantu penggunanya dalam mempersepsi lingkungan permainannya.

PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat




PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online yang hadirl di Indonesia:

Nama Games Muncul Tahun Pemegang Lisensi Tipe Game Tipe grapis Status
Nexia 2001 BolehGame RPG 2D Ditutup thn 2004
RedMoon 2002 - RPG 2,5D Ditutup thn 2005
Laghaim 2003 Boleh Game RPG 3D Ditutup thn 2006
Ragnarok 2003 Lyto RPG 3D Masih
GunBound 2004 Boleh Game Action RPG 3D Masih
Xian 2004 Boleh Game Strategy RPG 3D Masih
Risk Your Life 2004 Dream Web Tech Action RPG 3D Masih
Tantra 2004 Playon RPG 3D Masih
Survival Project 2004 Playon RPG 2D Ditutup thn 2006
GetAmped 2005 Lyto RPG 2,5D Masih
Stargate 2005 Borneo X RPG 2D Ditutup thn 2006
TS 2005 Global World Technology RPG 2D Ditutup thn 2008
O2jam 2005 Infomedia Nusantara Musical 3D Masih
Pangya 2005 Boleh Game Sport 3D Ditutup thn 2008
Knight 2005 Infomedia Nusantara RPG 3D Ditutup thn 2007
Vital Sign 2005 - FPS 3D Ditutup thn 2007
SEAL 2006 Lyto RPG 3D Masih
RAN 2006 Jaspace RPG 3D Masih
Deco 2006 Playon RPG 3D Masih
AyoDance 2006 Maxus Infotech Musical 3D Masih
DOMO 2007 Datakom Wijaya Pratama RPG 3D Masih
Angle Love 2007 WaveGame RPG 3D Masih
Rising Force 2007 Lyto RPG 3D Masih
Ghost 2007 Kreon RPG 2D Masih

Selain game diatas, ada juga game-game seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Series yang juga banyak menyita perhatian para gamer di Indonesia walaupun tidak sebesar game – game yang disebutkan diatas. Contohnya Countersrtike lebih lancar dimainkan pada mode LAN dibandingkan internet karena latencynya yang besar dan servernya kurang cepat sehingga sewaktu bermain game ada jeda membuat gamers menjadi tidak nyaman, begitu juga halnya dengan Warcraft dan Age of empire.

TIPE-TIPE GAME ONLINE
• First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
• Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
• Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
• Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
• Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

Bedasarkan teknologi grapis
 2 Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
 3 Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.

Bedasarkan cara pembayaran
Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
A. Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.






DAMPAK BAIK DAN BURUK DARI GAME ONLINE
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.















KESIMPULAN

Dalam perjalanannya, games online telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologinya mulai dari dahulu hanya dipakai oleh militer untuk keperluan militer hingga bisa menjadi industri maupun dari ragam jenisnya. Games online juga sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. Games online membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari keranjingan games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing bagaimana cara mengontrolnya.




















DAFTAR PUSTAKA

1. http://en.wikipedia.org/History of Online Games
2. http://en.wikipedia.org/Online Games
3. http://www.ketok.com/
4. Jessica Muligan , History Of Game Online,Februari 2000. http://imaginaryrealities.imaginary.com/
5. http://www.ligagames.com/sejarah-perkembangan-games-online-di-indonesia

No comments:

Post a Comment